Kuy Cuy Wisata ke Nusa Penida Bali

Kuy Cuy Wisata Ke Nusa Penida Bali Pulau Bali emang udeh terkenal sebagai salah satu tempat wisata di Bali. Berbagai Penghargaan telah diperoleh untuk Pulau Bali sebagai Pulau favurit serta terbaik bagi wisatawan lokal maupun manca negara untuk tujuan wisata. Pulau ini menjadi "The Best Exotic Destination" lho 


Kuy Cuy Wisata ke Nusa Penida Bali
foto dari Info Jakarta


  • Nah karena itu semua berbagai tempat wisata di Bali dikembangkan cuy jadi tempat wisata. salah satunya Pulau Nusa Penida Bali ini cuy yang sudah mulai terkenal di manca negara maupun dalam negeri cuy


Nusa Penida adalah 
tempat wisata di Bali sebuah pulau yang terpisah cuy dari daratan utama Pulau Bali, karena terpisah ini lah Nusa Penida terbilang Terasingkan dari ramainya gemerlap Pulau Dewata Bali


  • Pulau Penida berada di sebelah tenggara Pulau Bali dan tempat wisata di Bali ini Bersandingan Dengan dua Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Kira kira luasnya 200km2 dengan Kontur Berbukit 



  • Uniknya sebagian daerah perbukitan tersebut bernuansa hijau cuy yang asri nan sejek sementara sebagian lainnya cukup karing haduh perpaduan yang sangat kontras ya tempat wisata di Bali ini cuy


Nusa Penida Mempunya Sejarah yang Menarik lho, karena merupakan 
tempat wisata di Bali dan tempat dimana tahanan dinasti Gelgel dari Bali di asingkan di awal abad ke-18 dibawah penguasaan Majapahit. waw serem juga ya cuy


  • Dinasti Gelgel adalah salah satu dari kerajaan Bali yang pernah berkuasa sampai ke pulau Lombok cuy. Sebelum Majapahit datang ke Bali, Gelgel-lah yang naklukin Nusa Penida dengan membunuh raja terakhir di kerajaan Nusa Penida seperti yang telah tercantum dalam Babad Blahbatuh. Periode kerajaan di Nusa Penida Berakhir setelah itu cuy
  • Kita juga harus mengenal sejarah suatu tempat wisata juga cuy, selain mendapatkan kesenangan kita juga mendapatkan pengetahuan :)
foto dari Fabolous Ubud

Untuk menuju ke pantai Nusa Penida ini cuy, ada banyak jalur yang bisa kalian tempuh untuk ke 
tempat wisata di Bali ini, yang pertama bisa lewat Pantai Sanur dengan menggunakan speed boat yang tarifnya sekitar 75k IDR, yang kedua lewat pelabuhan Padang Bai menggunakan kapal ferry dengan ongkos menyebrang 16k IDR/orang.


  • Beberapa tahun belakangan ini cuy, kabupaten Kungkung juga menyediakan kapal roro. Harga tiket untuk kapal atau jukung sekitar 30k IDR / orang dengan jarak tempuhnya sekitar 2 jam cuy atau bila memiliki dana lebih bisa melalui Tanjung Benoa dengan Menaiki kapal pesiar yang tarifnya ratusan sampe jutaan rupiah cuy waw,tapi harganya udeh termasuk paket tempat wisata di Bali yang ditawarin cuy.


Nusa Penida sebenernya punya potensi wisata yang luar bisa eksotis cuy, pantainya cukup banyak, selain menawarkan Pemandangan nan mempesona ,tempat wisata di Bali ini tenang disana juga bersih karena tidak seramai pantai pantai yang telah Poluler di Bali. Pantai di kawasan Nusa Penida tersohor sebagai lokasi yang sangat baik untuk aktifitas bawah lautnnya cuy


Kuy Cuy Wisata ke Nusa Penida Bali
foto dari YouTube

Terumbu Karang yang masih alami sertai air jernih yang sangat mendukung untuk Diving dan Snorkling, titik-titik terbaik di pulau Nusa Penida ini yaitu pantai Ped, Crystal Bay, Toyapakeh, Suana Bay dan yang paling populer adalah Manta Point. 



  • Lokasi ini dinamakan Manta Point karena banyak sekali manta atau ikan pari yang berenang bebas di perairan dangkal, pantainya sendiri memiliki pasir putih yang dapat digunakan untuk santai santai tanpa ada kebisingan cuy
Kuy Cuy Wisata ke Nusa Penida Bali
foto dari Trover

Berwisata sambil Menjelajah atau trecking juga menjadi pilihan yang menarik cuy, menikmati pesona alam Nusa Penida serta pemukiman tanah yang sebagian kagak rata, Bergelombang gitu yang berupa perbukitan terjal. 

  • Salah satunya tempat wisata di Bali yang sangat menarik dikunjungin dalam paket trecking adalah kawasan Memeling cuy yang punya pemandian air yang sangat jernih jadi kita bisa berenang renang sepuasnya disini cuy setelah sekian lama nenyusuri bukit dan lelah menaklukkan itu semua. 
foto dari keywordsuggest

  • Di tempat wisata di Bali ini juga terdapat tempat penangkaran burung burung langka cuy, eit bukan burung abang ya, melaikan burung Jalak Bali. Lokasi Penangkaran ini terletak di daerah Ped, namanya Friend of National Park Foundation (FNPF).
Penginapan di Nusa Penida juga ada cuy, banyak Homestay dan Bungalow yang dikelola masyarakat lokal dengan harga yang relatif murah mulai Puluhan Hingga ratusan ribu rupiah.
Kuy Cuy Wisata ke Nusa Penida Bali
foto dari travbuddy

Penyewaan Sepedan Motor di tempat wisata di Bali, Kalian yang mau berlibur kesini dapat berkeliling pake sepeda atau sepeda motor cuy dengan cara nyewa dari penduduk setempat. Harganya mulai 80k sampai 150k cuy. tempat yang banyak terdapat penyewaan sepeda motor di daerah Toyapakeh.

Nusa Penida sebagian besar memiliki daerah yang kering. Tanah di daerah ini memiliki kandungan kapur yang tinggi. Karena hal ini, sebagian besar masyarakat Nusa Penida memilih mata pencaharian sebagai petani rumput laut, sebagai nelayan dan ada juga yang memilih sebagai peternak dan pedagang. 

Kalaupun berprofesi sebagai petani, tanaman yang bisa ditanam terbatas seperti kacang, jagung dan ketela pohon. Sementara itu, kelapa juga menjadi komoditas andalan karena tumbuh melimpah secara alami di pulau ini.


Foto dari Kompasiana



  • Khusus untuk rumput laut, masyarakat Nusa Penida boleh berbangga akan komoditas yang satu ini. Sentra produksi rumput laut di Nusa Penida dengan volume produksi pada tahun 2009 mencapai 106.188,4 ton, setara dengan 65% dari volume produksi rumput laut di Provinsi Bali yaitu 164.887 ton. 


Jenis rumput laut yang dikembangkan tempat wisata di Bali adalah Eucheuma Eccotoni dan Eucheuma Spionosum -- termasuk spesies langka sehingga diminati oleh para konsumen dalam negeri maupun di luar negeri.


  • Bagi yang ingin mencari pengalaman rohani terutama bagi pemeluk agama Hindu, Nusa Penida juga banyak menjadi lokasi wisata spiritual. Terdapat beberapa pura yang cukup terkenal antara lain Pura Dalem Ped dan Pura Goa Giri Putri.


Kedua tempat sembahyang ini pun unik, terutama di Goa Giri Putri. Siapa pun yang masuk harus melalui lubang yang cukup satu badan untuk memasuki tempat wisata di Bali areal goa yang lebih luas.


Kuy Cuy Wisata ke Nusa Penida Bali
nusapenidakuliner


Nusa Penida juga punya sajian kuliner unik yang tidak bisa ditemui di tempat tempat wisata di Bali lain. Salah satunya adalah ledok. Ledok adalah makanan yang terbuat dari jagung, ketela, serta kacang-kacangan yang direbus, kemudian diaduk sedemikian rupa hingga menjadi seperti bubur.  


  • Bumbunya hanya bawang putih, jeruk limau, garam, sedikit gula, serta daun salam. Jagungnya berupa jagung kering yang ditumbuk dahulu sebelum dimasak untuk mengurangi kulit kuningnya.


Untuk membuatnya lebih nikmat, ledok biasanya dilengkapi juga dengan  sayuran berupa bayam rebus. Kadang ditambahkan pula potongan ikan seperti tongkol, atau suwiran daging ayam. Terakhir, diberi sentuhan bumbu kacang. Makanan nikmat yang sangat komplit dari segi nutrisi ini agak jarang dijual secara bebas. Mereka baru akan membuat jika ada pesanan.



  • Meskipun sangat potensial bila dikembangkan sektor pariwisatanya, Nusa Penida termasuk cukup lambat perkembangannya jika dibanding kawasan lain di Bali, bahkan dari pulau tetangganya yakni Pulau Nusa Lembongan. 


Hal ini antara lain dikarenakan pemerintah masih berkonsentrasi dalam pembangunan sarana kebutuhan dasar seperti air bersih, perumahan dan kesehatan di Nusa Penida, belum lagi kendala kawasan yang dipisahkan laut. Jadi, masih perlu waktu dan kesabaran untuk melihat Nusa Penida menggeliat di masa yang akan datang.


Kuy Cuy Wisata ke Nusa Penida Bali
foto dari Aple Photography



Sebagian besar yang datang ke sini adalah saat hari menjelang sore, semua wisatawan mau melihat sunset / matahari tenggelam. Objek wisata Pantai Nusa Penida menjadi andalan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah bagi Provinsi Bali, maka dari itu lokasi objek wisata Pantai Nusa Penida selalu mendapat perhatian khusus dari pemerintah atupun dari pelaku pariwisata lainnya

fasilitas pendukung seperti hotel, restoran, café, diskotik, taman rekreasi, shopping mall, pasar seni dan banyak lagi terssedia di kawasan ini, sehingga semua kebutuhan wisatawan dengan mudah bisa terpenuhi di sini. Pulau Bali telah menjadi salah satu tempat wisata internasional dengan aneka fasilitas pariwisata yang sangat lengkap.

wisata bali lainnya

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Kuy Cuy Wisata ke Nusa Penida Bali"

  1. Emang indah di sana gan ane juga pernah kesana nusa penida

    ReplyDelete
  2. testimoni pertama nih selamat ya jadi yang pertama XD

    ReplyDelete
  3. Insya Allah kalo aku punya uang pertama-tama aku mau ke sini,, soalnya tempatnya juga masih asri

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah coba cari yang blm terekspose media gan

      Delete
  4. widih buat snorkling bagus banget kalo disini kayaknya wkwkwk. makasih buat refrensinya min =D

    ReplyDelete

- kuy cuy share pengalaman kalian
- menambah url aktif dianggap spam